Apakah Definisi Spyware? Apakah Berbahaya?

Secara tidak sengaja, banyak dari kita pengguna PC dan laptop yang ketika browsing di internet menemukan pop up untuk melakukan instalasi terhadap software tertentu. Atau ketika baru saja, secara tidak sengaja, memasang plugin bernama Intelligent Explorer ke browser anda sendiri. Apakah ini bisa dikatakan mimpi buruk? Akankan sesuatu dapat terjadi pada PC dan laptop anda?. Spyware atau item adware terus menginfeksi computer merupakan salah satu alat untuk membobol pertahanan jaringan PC atau tempat laptop anda terhubung. Kebanyakan komputer tidak memiliki perlindungan dari mereka. Yang paling menakutkan adalah intensitas dan dampak yang ditimbulkan karenanya. Dari situs web InfosecWriters, “Menurut survei tahun 2004 oleh America Online dan National Cyber ​​​​Security Alliance, 91% pengguna yang ditanyai akrab dengan istilah spyware. Hanya 53% yang percaya komputer mereka terinfeksi, tetapi pemindaian menemukan bahwa 80% dari PC mereka memiliki beberapa jenis spyware yang diinstal pada mereka.” Selanjutnya dikatakan, “…Jumlah rata-rata komponen spyware per komputer adalah 93 dengan satu komputer memiliki lebih dari seribu spyware.”

 

Apa itu Spyware?

 

Butte College (www.bctv.butte.edu/support/spyware.html) menawarkan definisi ini:

 

“Istilah dari Spyware secara garis besar bisa disebutkan kepada sebuat kode program yang secara tanpa izin masuk kedalam computer seseorang tanpa diketahui. Program tadi bersembunyi di latar belakang sambil membuat perubahan yang tidak diinginkan pada beberapa kebiasaan pengguna.

Spyware umumnya tidak dirancang untuk merusak komputer Anda. Kerusakan yang dilakukannya lebih merupakan produk sampingan dari misi utamanya, yaitu melayani Anda dengan iklan bertarget atau membuat browser Anda menampilkan situs atau hasil pencarian tertentu.

Sebagian besar, target dari spyware adalah sebuah sistem operasi Windows dan biasanya masuk ke Internet Explorer.”

 

Agar adil, spyware bisa tidak berbahaya, misalnya cookie pelacakan yang ada di browser anda. Meskipun hal-hal seperti itu melanggar privasi Anda, itu tidak benar-benar membahayakan apa pun, mereka hanya mendapatkan lokasi anda dan hal apa aja yang anda akses melalui browser anda. Ini memberikan informasi tentang kebiasaan seseorang, dan dalam data yang sangat besar, data itu bisa bernilai dan orang akan menjualnya kepada pihak ketiga. Namun, lebih dari itu, ada beberapa sypware lain yang berbahaya.

 

Jadi apa yang sebaiknya Anda lakukan?

 

Tampaknya tidak ada program spyware yang melakukan segalanya, tetapi ada banyak solusi bagus di luar sana yang dapat membantu. Berikut adalah daftar beberapa alat Spyware teratas untuk dilihat:

 

 

1) Anda bisa menggunakan Ad-Aware 6.0 Professional yang diterbitkan oleh LavaSoft (ada juga versi gratis dengan fitur dan fungsi yang terbatas)

 

2) Cari & Hancurkan Spybot dari Perangkat Lunak PepiMK

 

 

3) Xoftspy membentuk Logika Pareto

 

5) Spyware Guard dari Javacool Software adalah program gratis

 

4) Pest Patrol (sekarang bagian dari Computer Associates dengan akuisisi)

 

5) McAfee Anti Spyware

 

Satu hal yang pasti: Anda harus menganggap serius spyware. Untuk beberapa alasan, terlalu banyak orang di luar sana yang berpikir bahwa solusi anti-virus adalah solusi akhir dari segalanya. Tapi akhirnya mereka tidak mendapatinya untuk bisa menyelesaikan masalah spyware mereka.

 

Dan, ketika semuanya gagal?

 

Akhirnya, sedrastis kelihatannya, jika komputer Anda telah terinfeksi dengan sejumlah besar program spyware, satu-satunya solusi yang mungkin Anda miliki adalah mencadangkan data Anda, dan melakukan penginstalan ulang lengkap sistem operasi PC atau Laptop anda.

About Marisa

Leave a Reply